KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

Pengertian Sistem Komputer Dan Komponennya Terlengkap - Pengertian Apapun

Komponen-komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

-  Hardware ( Perangkat Keras )
•  Processing Device
•  Input Device
•  Output Device
•  Storage Device

-  Software ( Perangkat Lunak )
•  Operating System
•  Application Program
•  Language Program
-   Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )


1.  Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun  perangkat  keluaran.  Peralatan  ini  umumnya  cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah  yang dimengerti oleh  mesin  tersebut,  maka  perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut  sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

- Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit) berperanan untuk memproses   arahan, melaksanakan   pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.  
Dalam komputer-komputer  modern,  kedua  unit  ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki  fungsi  adalah  program-program  yang  disimpan dalam  memori  utama  dengan  cara mengambil  instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). 
CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan  dari  suatu  operasi  logika  sesuai  dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua  operand  dengan  menggunakan  operator  logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥)  ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,OR,NOT) dan   pelaksanaan   perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan  pada  alat  output.  Mengartikan  instruksi-instruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.  Membawa  hasil  pengolahan  data  kembali  ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Selain  itu  CPU  juga  memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dengan kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.

Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
1.      Instruction Register ( IR )
Digunakan  untuk  menyimpan  instruksi  yang sedang diproses.
2.      Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama  yang  berisi  instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi  alamat dari  memori  utama  yang  berisi instruksi berikutnya.
3.  General Purpose Register

Punya  kegunaan umum yang berhubungan  dengan data yang sedang  diproses. Contoh, yang digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator
4.  Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5.   Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg akan diletakkan.Selain  register,  beberapa  CPU  menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru  proses  selanjutnya  bisa  dilakukan.  Padahal proses dari memori utama lebih lambat disbanding kecepatan  register  sehingga  akan  banyak  waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache  memory  dan  selanjutnya  CPU  akan  selaluberhubungan dengan cache memory.

-  Input and Output Device
I/O membolehkan  komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya). Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke dalam  informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1.      Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi    sebagai  alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
•  Keyboard
•  point Device
       Mouse
        Touch screen
        Digitizer Grapich Tablet
 • Scanner
 • Microphone 
2.      Output Device

Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi  untuk  menampilkan  keluaran  sebagai  hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
•  Monitor
•  Printer
•  Speaker
3.  Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapidengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
A.  Internal Storage, adalah  media  penyimpanan  yang  terdapat  didalam computer yaitu :
- RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu.   Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
a.  Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
b.  Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang   akan diakses.
c.  Working Storage
Digunakan  untuk  menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d.  Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
- ROM ( Read Only Memori )
Memori  yang hanya  bisa  dibaca  dan  berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
PROM (Programmable Read Only Memory)
Yang hanya dapat diprogram satu kali.
- EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
 Dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
- EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read  Only  Memory)
Dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

B.  External Storage    
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
-             FloppyDisk
-             Hard Disk
-             CD Room
-             DVD

2.  Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh computer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
· Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware  komputerPerangkat  lunak  yang  dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem  komputer.  Ada  beberapa  macam  system  operasi diantaranya adalah : 
-          Linux
-          Windows
-          Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk(tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output,  pemrosesan,  memori,  serta penginstalan  dan pembuangan software. Sistem  operasi,  menentukan  program  yang  mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis  kepada  program  lain,  seperti  kode (driver)  yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin  tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

· Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
-          Ms office
-          Music Player
-          Video Player

·Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa Pemrograman, seperti : Bahasa computer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
-          Visual basic
-          Turbo pascal
-          Delphi
-          Dll


Sumber Gambar :
https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Fwww.pengertianku.net%2F2016%2F12%2Fpengertian-sistem-komputer-dan-komponennya.html&psig=AOvVaw2OxxEjq6FHEVGqamL9tEZs&ust=1599375529111000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKD50Lm40esCFQAAAAAdAAAAABAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar