KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Komponen-komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
- Hardware
( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
- Software
( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
- Brainware
( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang
disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
- Processing
Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit) berperanan untuk memproses
arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan
informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi
melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit
ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit). CPU memiliki
fungsi adalah program-program yang disimpan dalam
memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya satu
persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi
pelaksanaan instruksi ( execute ).
CPU memiliki
dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU),
adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik
yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan
dari suatu operasi logika sesuai
dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua
operand dengan menggunakan operator logika tertentu,
yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,OR,NOT) dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,OR,NOT) dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah
serta kapan ditampilkan pada alat output.
Mengartikan instruksi-instruksi dari program
komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil
data dari memori utama untuk diolah.
Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau
perbandingan logika. Membawa hasil
pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan,
dan pada saatnya akan disajikan ke
alat output. Selain itu CPU juga memiliki
beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan Register
yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dengan kecepatan akses cukup
tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction
Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi
yang sedang diproses.
2. Program
Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi
dari memori utama yang berisi instruksi yang
sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi
alamat dari memori utama yang berisi instruksi
berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data
yang sedang diproses. Contoh, yang digunakan untuk menampung data
disebut operand register, untuk
menampung hasil disebut accumulator
4. Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau
menampung data yang akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil atau
yg akan diletakkan.Selain
register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory
yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien.
Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil
pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses
selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori
utama lebih lambat disbanding kecepatan register
sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache
memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache
memory dan selanjutnya CPU akan selaluberhubungan dengan cache memory.
- Input
and Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik
(hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya). Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya). Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data
atau perintah ke dalam komputer.
Alat-alatnya adalah :
• Keyboard
• point Device
Mouse
Touch screen
Digitizer Grapich Tablet
• Scanner
• Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
• Monitor
• Printer
• Speaker
3. Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan
semua informasi, maka CPU harus dilengkapidengan
alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua
yaitu :
A. Internal Storage, adalah
media penyimpanan yang terdapat didalam computer yaitu :
- RAM
( Random Access Memory )
Untuk menyimpan
program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses
secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya).
Struktur RAM terbagi menjadi empat
bagian utama, yaitu:
a. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
b. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program
yang akan diakses.
c. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang
akan ditampilkan ke alat output.
- ROM
( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan
berguna sebagai penyedia informasi pada
saat komputer pertama kali dinyalakan.
- PROM
(Programmable Read Only Memory)
Yang hanya dapat diprogram satu
kali.
- EPROM (Erasable Programmable
Read Only Memory)
Dapat dihapus dgn sinar ultraviolet,
dapat diprogram kembali berulang-ulang.
- EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read
Only Memory)
Dapat
dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
B. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan &
penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
- FloppyDisk
- Hard
Disk
- CD
Room
- DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa
program atau instruksi yang
akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan
oleh computer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
· Operating
System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna
dengan hardware komputerPerangkat lunak
yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem
komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
- Linux
- Windows
- Mac
OS
Tugas sistem operasi termasuk(tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya,
koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta
penginstalan dan pembuangan
software. Sistem operasi, menentukan
program yang mana dijalankan,
kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan servis kepada program lain, seperti
kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik
yang terhubung.
· Application
Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga
program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara
umum, aplikasi khusus dibidang industri,
aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas
perorangan.
Contoh :
- Ms
office
- Music
Player
- Video
Player
·Language
Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang
digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena
komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain
menggunakan bahasa Pemrograman,
seperti : Bahasa computer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi
program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
- Visual
basic
- Turbo
pascal
- Delphi
- Dll
Sumber Gambar :
https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Fwww.pengertianku.net%2F2016%2F12%2Fpengertian-sistem-komputer-dan-komponennya.html&psig=AOvVaw2OxxEjq6FHEVGqamL9tEZs&ust=1599375529111000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKD50Lm40esCFQAAAAAdAAAAABAD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar